A. Perhitungan dengan menggunakan Tabel Kalibrasi Tangki Kapal yang mempunyai daftar terpisah :
Tabel kalibrasi tangki semacam ini mempunyai daftar table yang terpisah antara, atau mempunyai table tersendiri antara lain :
- Daftar Ullage/Innage dan Volume Observe dalam kondisi Even Keel.
- Daftar Trim Koreksi
- Daftar Heel Koreksi
Trim Correction Table
Heel Correction Table
Cargo Oil Tank Table
Contoh Soal A :
MT. ARUS PERTAMINA setelah selesai melaksanakan aktivitas Loading di Pelabuhan Cilacap dilanjutkan dengan pengukuran tangki muatan 1 Center terhadap ullage dan temperatur diperoleh data sebagai berikut :
Draft Depan = 6,80 Meter.
Draft Tengah = 7,30 Meter.
Kapal miring ke kiri 1 derajat.
Ullage Cairan = 1.500 MM.
Free Water Ullage = 16.080 MM.
Density Observe = 0.8352.
Tempeatrtur Sample = 32 o C.
Temperatur Tangki = 31 o C.
Untuk keperluan pengisian Compartement Log Sheet maka hitunglah Volume dan Berat muatan yang ada dalam tangki tersebut sebagai berikut :
a. Nett KL Observe.
b. Nett KL 15 o C
c. Bbls 60 o F.
d. Long Ton.
e. Metric Ton.
Penyelesaian Soal.
Diketahui : Draft Forward = 6,80 Meter.
Draft Midle = 7,30 Meter.
Heel = 1 o Port Side
Ullage cairan = 1.500 MM
Free Water Ullage = 16.080 MM
Density Observe = 0,8352
Temperatur Sample = 32 o C
Temperatur dalam Tangki = 31 o C
Ditanyakan : a). Volume dalam KL Observe.
b). Volume dalam KL 15 o C
c). Volume dalam 60 o F
d). Long Ton.
e). Metric Ton.
Jawab :
1. Menghitung nilai angka Trim :
Draft After = ( Draft Midle X 2 – Draft Forward )
= ( 7,30 X 2 - 6,80 )
= 7, 80 Meter.
Maka Trim = Draft After - Draft Depan.
= 7,80 - 6,80 = 1 Meter.
2. Menghitung Corrected Ullage Cairan dan Free Water.
Ø Ullage Cairan = 1.500 MM.
Heel 1 o P (dari tabel Hell Corr) = - 82 MM.
Trim 1 Mtr (dari tabel Trim Corr) = 76 MM. +
Corrected Ullage Cairan = 1.494 MM
Ø Free Water Ullage = 16.080 MM
Heel 1 o P (dari tabel Hell Corr) = - 81 MM.
Trim 1 Mtr (dari tabel Trim Corr) = 77 MM. +
Corrected Free Water Ullage = 16.076 MM
a). Menghitung Nett. Observe Volume :
Ø Gross Observe Volume :
Corrected Ullage cairan = 1.494 MM
Dari tabel tangki diperoleh / berada diantara :
1.490 = 6.156,500 KL.
1.500 = 6.152,300 KL.
Interpolasi :
1,494 - 1,490
= 6.156,500 + ( -------------------- ) X ( 6.152,300 - 6.156,500 )
1,500 - 1,490
0,004
= 6.156,500 + (---------- ) X ( - 4,2 )
0.10
= 6.156,500 + 0.4 X ( - 4,2 )
= 6.156,500 - 1,68
= 6.154,820 KL.
Ø Free Water Volume :
Corrected Free Water Ullage = 16.076 MM
Dari tabel diperoleh/berada diantara :
16.070 = 74,4 KL.
16.080 = 70,2 KL.
Interpolasi :
16.076 - 16.070
= 74,4 + (----------------------- ) X ( 70,2 - 74,4 )
16.080 - 16.070
6
= 74,4 + ( ---- ) X ( - 4,2 )
10
= 74,4 + 0,6 X ( - 4,2 )
= 74,4 - 2,52
= 71,880 KL.
- Gross Observe Volume = 6.154.820 KL
- Free Water Volume = 71,880 KL -
v Nett Observe Volume = 6.082,940 KL
b). Menghitung Volume Nett KL 15 o C.
Ø Menghitung / menentukan Density 15 o C.
Temperature Sample = 32 o C
Density Observe = 0,8352.
Dari tabel (Tabel 53) diperoleh / berada diantara :
0,835 = 0,8463
0,836 = 0,8473
Interpolasi :
0,8352 - 0,8350
= 0,8463 + ( ---------------------- ) X ( 0,8473 - 0,8463 )
0,8360 - 0,8350
0,0002
= 0,8463 + ( ---------- ) X 0,0010
0,0010
= 0,8463 + 0,0002
v Jadi angka Density 15 o C = 0,8465
Ø Menghitung / menentukan angka Volume Correction Factor (VFC)
Temperature Tangki = 31 o C
Density 15 o C = 0,8465
Dari tabel (Tabel 54) diperoleh / berada diantara :
0,845 = 0,9870
0,850 = 0,9872
Interpolasi :
0,8465 - 0,8450
= 0,9870 + ( ------------------------ ) X ( 0,9872 - 0,9870 )
0,8500 - 0,8450
0,0015
= 0,9870 + ( ---------- ) X 0,0002
0,0050
= 0,9870 + 0,3 X 0,0002
= 0,9870 + 0,00006
v Jadi angka VCF = 0,987060 (harus 6 digit)
v Maka Volume dalam KL 15 o C adalah :
= Nett Observe Volume X VCF
= 6.082,940 KL X 0,987060
= 6.004,227 KL.
c). Menghitung Volume dalam Barrel 60 o F :
Ø Menentukan / mencari angka Volume Conversion Factor
Angka Density 15 o C dari tabel (Tabel 52) diperoleh/berada diantara :
0,766 - 0,905 adalah è 6,293 Bbls. / KL.
v Maka Volume dalam Barrel 60 o F adalah :
= Volume Nett. KL 15 o C X Vol. Con. Fac.
= 6.004,227 KL X 6,293
= 37.784,599 Barrels.
d). Menghitung Berat dalam satuan Long Ton (L/T) :
Ø Menghitung / menentukan angka Weight Conversion Factor (WCF) :
Dari tabel (Tabel 57) dengan angka Density 15 o C = 0,8465 diperoleh/berada diantara :
0,846 = 0,8316.
0,847 = 0,8325
Interpolasi :
0,8465 - 0,8460
= 0,8316 + ( ---------------------- ) X ( 0,8325 - 0,8316 )
0,8470 - 0,8460
0,0005
= 0,8316 + ( ---------- ) X 0,0009
0,0010
= 0,8316 + 0,5 X 0,0009
= 0,8316 + 0,00045
v Jadi W C F = 0,83205 KL/LT
v Maka Berat dalam Long Ton (L/T) adalah :
= Volume Nett. KL 15 o C X W C F
= 6.004,227 X 0,83205
= 4.995,817 L/T.
e). Menghitung berat dalam satuan Metric Ton (M/T) :
Ø Mencari angka Weight Conversion Factor :
Dari tabel (Tabel 1) diperoleh bahwa 1 MT = 1,01605 LT.
v Maka Berat dalam satuan Metric Ton adalah :
= Berat dalam Long Ton X 1,01605
= 4.995,817 X 1,01605
= 5.075,999 Metric Ton.
B. Tabel Kalibrasi Tangki Kapal yang mempunyai daftar Ullage/Sounding dan Volume Observe pada kondisi Even Keel dan Kondisi Trim yang berbeda :
Tabel ini mempunyai daftar sounding dan volume pada kondisi Even Keel dan Kondisi Trim yang berbeda (Trim 1 Meter, 2 Meter, 3 Meter, - 1 Meter dst), pada umumnya jenis tabel seperti ini kondisi Heel selalu dalam posisi 0 (nol) derajat.
Cargo Oil Tank Table
Contoh soal B :
MT. Laju Prakarsa IV selesai melaksanakan aktivitas pembongkaran di pelabuhan Pontianak , namun masih ada ROB (sisa muatan) di tangki No. 3. Port Side (kiri) dan No.3 Starboard Side (kanan).
Untuk menghitung Volume dan Berat muatan yang akan dicantumkan dalam New B/L dilakukan pengukuran dengan hasil sebagai berikut :
Draft Forward (depan) = 1,80 Meter.
Draft Midle (tengah) = 2,40 Meter.
Heel = 0 o
Tk. 3 Port. Tk. 3 Stb.
- Sounding Cairan 6.045 MM 6.037 MM
- Sounding Free Water 35 MM 25 MM
- Temperatur Sample 32 o C 32 o C
- Density Observe 0,8315 0,8315
- Temperatur Tangki 31 o C 31 o C
Hitunglah Total Volume dan Berat dari masing-masing tangki tsb :
a). Volume dalam Kilo Liter Observe.
b). Volume dalam Kilo Liter 15 o C
c). Volume dalam Barrels 60 o F
d). Berat dalam Long Ton.
e) Berat dalam Metric Ton.
Penyelesaian Soal :
Diketahui : Draft Fwd = 1,80 Meter.
Draft Midle = 2,40 Meter.
Heel = 0 o
Tk. 3 Port. Tk. 3 Stb.
- Sounding Cairan 6.045 MM 6.037 MM
- Sounding Free Water 35 MM 25 MM
- Temperatur Sample 32 o C 32 o C
- Density Observe 0,8315 0,8315
- Temperatur Tangki 31 o C 31 o C
Ditanyakan : a). Volume dalam KL Observe.
b). Volume dalam KL 15 ° C
c). Volume dalam Barrels 60 ° F.
d). Berat dalam Long Ton.
e). Berat dalam Metric Ton.
Jawab :
1. Menghitung angka Trim kapal :
Draft After = ( M X 2 - F )
= ( 2,40 X 2 - 1,80 )
= 4,80 - 1,80
= 3,00 Meter.
Trim Kapal = Draft After - Draft Forward.
= 3,00 - 1,80
= 1,20 Meter.
2. Menghitung Volume Obsserve cairan :
Ø Volume Observe Cairan tangki No.3 Port Side (kiri).
Dari tabel kalibrasi diperoleh / berada diantara :
Sounding Trim 1 M Trim 1,25 M
6.040 MM 577,717 KL 576,558 KL
6.050 MM 578,158 KL 577,037 KL
- Menghitung Volume pada trim 1,20 Meter dan Sounding 6.040 MM
Interpolasi :
= 577,717 + ------------------ X ( 576,558 - 577,717 )
1,25 - 1,00
0,20
= 577,717 + ( ------- ) X ( - 1,159 )
0,25
= 577,717 + 0.8 X ( - 1,159 )
= 577,717 - 0,9272 = 576,7898 à 576,790 KL.
- Menghitung Volume pada trim 1,20 Meter dan Sounding 6.050 MM
Interpolasi :
1,20 - 1,00
= 578,158 + ( ------------------ ) X ( 577,037 - 578,158 )
1,25 - 1,00
0,20
= 578,158 + ( ------- ) X ( - 1,121 )
0,25
= 578,158 + 0.8 X ( - 1,121 )
= 578,158 - 0,8968 = 577,261 KL
- Menghitung Volume pada trim 1,20 Meter dan Sounding 6.045 MM
Interpolasi :
6.045 - 6.040
= 576,790 + ( --------------------- ) X ( 577,261 - 576,790 )
6.050 - 6.040
5
= 576,790 + ( ------- ) X 0.471
10
= 576,790 + 0.5 X 0.471
= 576,790 + 0,2355 = 577,026 KL
v Jadi Volume Observe Tangki No.3 Kiri = 577,026 KL
Ø Volume Observe Cairan tangki No.3 Starboard Side (kanan).
Dari tabel kalibrasi diperoleh / berada diantara :
Sounding Trim 1 M Trim 1,25 M
6.030 MM 577,276 KL 576,079 KL
6.040 MM 577,717 KL 576,558 KL
- Menghitung Volume pada trim 1,20 Meter dan Sounding 6.030 MM
Interpolasi :
1,20 - 1,00
= 577,276 + ( ------------------ ) X ( 576,079 - 577,276 )
1,25 - 1,00
0,20
= 577,276 + ( ------- ) X ( - 1,197 )
0,25
= 577,276 + 0.8 X ( - 1,197 )
= 577,276 - 0,9576 = 578,234 KL.
- Menghitung Volume pada trim 1,20 Meter dan Sounding 6.040 MM
Interpolasi :
1,20 - 1,00
= 577,717 + ( ------------------ ) X ( 576,558 - 577,717 )
1,25 - 1,00
0,20
= 577,717 + ( ------- ) X ( - 1,159 )
0,25
= 577,717 + 0.8 X ( - 1,159 )
= 577,717 - 0,9272 = 576,7898 à 576,790 KL
- Menghitung Volume pada trim 1,20 Meter dan Sounding 6.037 MM
Interpolasi :
6.037 - 6.030
= 578,234 + ( --------------------- ) X ( 578,234 - 577,790 )
6.040 - 6.030
7
= 578,234 + ( ------- ) X 0.444
10
= 578,234 + 0.7 X 0.444
= 578,234 + 0,3108 = 578,545 KL
v Jadi Volume Observe Tangki No.3 Kanan = 578,545 KL.
Ø Total Volume Observe Cairan Tangki No 3 Kiri dan Kanan :
= Vol. Tk. 3 Kiri + Vol. Tk. 3 Kanan
= 577,026 + 578,545
= 1.155,571 KL
3. Menghitung Volume Free Water :
Ø Volume Free Water tangki No.3 Port Side (kiri).
Dari tabel kalibrasi diperoleh / berada diantara :
Sounding Trim 1 M Trim 1,25 M
30 MM 2,356 KL 2,211 KL
40 MM 3,091 KL 2,905 KL
- Menghitung Volume pada trim 1,20 Meter dan Sounding 30 MM
Interpolasi :
1,20 - 1,00
= 2,356 + ( ------------------ ) X ( 2,211 - 2,356 )
1,25 - 1,00
0,20
= 2,356 + ( ------- ) X ( - 0,145 )
0,25
= 2,356 + 0.8 X ( - 0,145 )
= 2,356 - 0,116 = 2,240 KL.
- Menghitung Volume pada trim 1,20 Meter dan Sounding 40 MM
Interpolasi :
1,20 - 1,00
= 3,091 + ( ------------------ ) X ( 2,905 - 3,091 )
1,25 - 1,00
0,20
= 3,091 + ( ------- ) X ( - 0,186 )
0,25
= 3,091 + 0.8 X ( - 0,186 )
= 3,091 - 0,1488 = 2,942 KL
- Menghitung Volume pada trim 1,20 Meter dan Sounding 35 MM
Interpolasi :
35 - 30
= 2,240 + ( -------------- ) X ( 2,942 - 2,240 )
40 - 30
5
= 2,240 + ( ------- ) X 0.702
10
= 2,240 + 0.5 X 0.702
= 2,240 + 0,351 = 2,591 KL
v Jadi Volume Free Water Tangki No.3 Kiri = 2,591 KL
Ø Volume Free Water tangki No.3 Starboard Side (kanan).
Dari tabel kalibrasi diperoleh / berada diantara :
Sounding Trim 1 M Trim 1,25 M
20 MM 1,620 KL 1,513 KL
30 MM 2,356 KL 2,211 KL
- Menghitung Volume pada trim 1,20 Meter dan Sounding 20 MM
Interpolasi :
1,20 - 1,00
= 1,620 + ( ------------------ ) X ( 1,513 - 1,620 )
1,25 - 1,00
0,20
= 1,620 + ( ------- ) X ( - 0,107 )
0,25
= 1,620 + 0.8 X ( - 0,107 )
= 1,620 - 0,0856 = 1,534 KL.
- Menghitung Volume pada trim 1,20 Meter dan Sounding 30 MM
Interpolasi :
1,20 - 1,00
= 2,356 + ( ------------------ ) X ( 2,211 - 2,356 )
1,25 - 1,00
0,20
= 2,356 + ( ------- ) X ( - 0,145 )
0,25
= 2,356 + 0.8 X ( - 0,145 )
= 2,356 - 0,116 = 2,240 KL.
- Menghitung Volume pada trim 1,20 Meter dan Sounding 25 MM
Interpolasi :
25 - 20
= 1,534 + ( -------------- ) X ( 2,240 - 1,534 )
30 - 20
5
= 1,534 + ( ------- ) X 0.706
10
= 1,534 + 0.5 X 0.706
= 1,534 + 0,353 = 1,887 KL
v Jadi Volume Free Water Tangki No.3 Kanan = 1,887 KL.
Ø Total Volume Free Water Tangki No 3 Kiri dan Kanan :
= Vol. Tk. 3 Kiri + Vol. Tk. 3 Kanan
= 2,591 + 1,887
= 4,478 KL.
v Nett. Observe Volume
= Total Observe Cairan - Total Free Water
= 1.155,571 - 4,478
= 1.151,093 KL
4. Menghitung Volume Nett KL 15 o C.
Ø Menghitung / menentukan Density 15 o C.
Temperature Sample = 32 o C
Density Observe = 0,8315.
Dari tabel (Tabel 53) diperoleh / berada diantara :
0,831 = 0,8423
0,832 = 0,8433
Interpolasi :
0,8315 - 0,8310
= 0,8423 + ( ---------------------- ) X ( 0,8433 - 0,8423 )
0,8320 - 0,8310
0,0005
= 0,8423 + ( ---------- ) X 0,0010
0,0010
= 0,8423 + 0,0005
v Jadi angka Density 15 o C = 0,8428
Ø Menghitung / menentukan angka Volume Correction Factor (VFC)
Temperature Tangki = 31 o C
Density 15 o C = 0,8428
Dari tabel (Tabel 54) diperoleh / berada diantara :
0,840 = 0,9869
0,845 = 0,9870
Interpolasi :
0,8428 - 0,8400
= 0,9869 + ( ------------------------ ) X ( 0,9870 - 0,9869 )
0,8500 - 0,8450
0,0028
= 0,9869 + ( ---------- ) X 0,0001
0,0050
= 0,9869 + 0,56 X 0,0001
= 0,9869 + 0,000056
v Jadi angka VCF = 0,986956 (harus 6 digit)
v Maka Volume dalam KL 15 o C adalah :
= Nett Observe Volume X VCF
= 1.151,093 KL X 0,986956
= 1.136,078 KL.
c). Menghitung Volume dalam Barrel 60 o F :
Ø Menentukan / mencari angka Volume Conversion Factor
Angka Density 15 o C dari tabel (Tabel 52) diperoleh/berada diantara :
0,766 - 0,905 adalah è 6,293 Bbls. / KL.
v Maka Volume dalam Barrel 60 o F adalah :
= Volume Nett. KL 15 o C X Vol. Con. Fac.
= 1.136,078 KL X 6,293
= 7.149,339 Barrels.
d). Menghitung Berat dalam satuan Long Ton (L/T) :
Ø Menghitung / menentukan angka Weight Conversion Factor (WCF) :
Dari tabel (Tabel 57) dengan angka Density 15 o C = 0,8428 diperoleh/berada diantara :
0,842 = 0,8276.
0,843 = 0,8286
Interpolasi :
0,8428 - 0,8420
= 0,8276 + ( ---------------------- ) X ( 0,8286 - 0,8276 )
0,8430 - 0,8420
0,0008
= 0,8276 + ( ---------- ) X 0,001
0,0010
= 0,8276 + 0,8 X 0,001
= 0,8276 + 0,0008
v Jadi W C F = 0,8284 KL/LT
v Maka Berat dalam Long Ton (L/T) adalah :
= Volume Nett. KL 15 o C X W C F
= 1.136,078 X 0,8284
= 941,127 L/T.
e). Menghitung berat dalam satuan Metric Ton (M/T) :
Ø Mencari angka Weight Conversion Factor :
Dari tabel (Tabel 1) diperoleh bahwa 1 MT = 1,01605 LT.
v Maka Berat dalam satuan Metric Ton adalah :
= Berat dalam Long Ton X 1,01605
= 941,127 X 1,01605
= 956,232 Metric Ton.
SHIP Experience Factor
Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa tangki kapal tidak dapat dinyatakan sebagai alat ukur yang dilegalkan oleh Dinas Metrologi, namun secara keteknisan tangki kapal sudah dibuatkan table kalibrasi kapal yang disyahkan oleh biro Class.
Sebagai solusi dari perbedaan angka ukuran yang diperoleh dari perhitungan tangki kapal dengan perhitungan tangki darat, maka dapatlah pihak kapal membuat suatu perhitungan Ship Experience Faktor untuk mengoreksi perhitungan kapal sehingga hasil perhitungan kapal dapat dipergunakan sebagai pembanding terhadap hasil perhitungan darat untuk keperluan pengawasan.
Bahan-bahan yang diperlukan untuk menentukan factor ini adalah :
1. Hasil perhitungan pihak darat dipelabuhan muat :
Perhitungan yang diserahkan kekapal dipelabuhan muat (dalam satuan isi metrik pada Barrel 60 oF). Hendaknya dipertimbangkan mengenai dasar pengukuran dan prosedure perhitungan.
2. Hasil perhitungan kapal dipelabuhan muat
Perhitungan ini diambil dari tangki muatan kapal setelah selesai melaksanakan Loading (dalam satuan yang sama dengan perhitungan darat). Ditentukan dengan mempergunakan standart prosedur untuk pengukuran ullage, suhu minyak dan daftar kalibrasi.
3. Hasil perhitungan kapal dipelabuhan bongkar
Perhitungan muatan dalam tangki sebelum bongkar (ketentuan seperti no. urut 2).
4. perhitungan pihak darat dipelabuhan bongkar.
Perhitungan penerimaan yang ditentukan sesuai dengan standard pengukuran dan prosedur penghitungan.
Catatan :
- Perhitungan kapal harus dikoreksi dengan isi sisa minyak yang tertinggal didalam tangki muatan sebelum muat dan sesudah bongkar.
- Pemindahan muatan yang banyak tumpah, bocor atau terjadi penggantian pipa yang rusak tidak termasuk ketentuan diatas. Faktor isi kapal dapat dihitung untuk tiap kapal tangki atau tongkang dengan menggunakan prosedur seperti contoh dibawah.
Perhitungan Sederhana Ship Experience Kapal.
Data-data pada gerakan muatan untuk suatu kapal dikoreksi ke suhu 60 o F dan perhitungan kotor dari darat dan kapal tertulis sebagai berikut :
Perhitungan darat dipelabuhan muat dan pelabuhan bongkar serta perhitungan kapal dikedua pelabuhan itu dijumlahkan. Hasil sementara factor isi kapal adalah jumlah hasil perhitungan darat dibagi dengan jumlah hasil perhitungan kapal :
Maka : 0,996
Dengan menggunakan factor in untuk membetulkan hasil perhitungan pihak kapal terdaftar diatas secara satu persatu, didapatkan perbedaan antara pengukuran pihak darat dan kapal sebagai berikut ( darat – kapal = perbedaan dinyatakan dalam persen terhadap hasil perhitungan darat).
Perbedaan-perbedaan dalam transfer no.8 dan no.10 berbeda lebih dari 0.5 % dari rata-rata. Data yang in dikesampingakn dan factor isi dihitung kembali dengan mengenyampingkan informasi dari pergerakan muatan.
Akhirnya factor isi kapal menjadi :
Catatan :
1. Faktor isi kapal yang ditetapkan seperti diatas tidak dapat dipakai untuk masing-masing tangki dan jenis muatan; hanya dipakai untuk keseluruhan muatan.
2. Harus ditetapkan factor-faktor tersendiri untuk minyak putih dan minyak hitam.
3. Perubahan bentuk dari tangki-tangki muatan kapal dapat mempengaruhi daktor isi kapal.
4. Untuk menetapkan suatu factor yang terpercaya untuk suatu kapal dibutuhkan paling kurang 10 pergerakan muatan tanpa selisih yang besar (lebih besar dari pada 0,5 %).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar